Sistem informasi akuntansi_PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI

PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI
INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL
Menurut Mulyadi (2001, hal 115), “ informasi akuntansi diferensial adalah taksiran perbedaan aktiva, pendapatan dan biaya dalam tindakan alternatif tertentu dibandingkan dengan alternatif tindakan lainnya”.
Konsep Informasi Akuntansi Diferensial merupakan informasi akuntansi yang dihubungkan dengan pemilihanalternative suatu tindakan tertentu dibandingkan dengan tindakan lain.
Dengan kata lain informasi tersebut diperlukan oleh manajemen untuk pengambilan keputusan mengenai pemilihan alternative tindakan yang terbaik di antara alternative yang tersedia
Manfaat Informasi Akuntansi Diferensial
Pengambilan Keputusan untuk Membeli atau Membuat Sendiri
Menjual atau Memproses Lebih Lanjut Suatu Produk
Menghentikan atau Melanjutkan Produksi Produk tertentu
Menerima atau Menolak Pesanan Khusus.
INVESTASI
Adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk menghasilkan laba dimasa yang akan datang.
Jenis-jenis investasi
1. Investasi yang tidak menghasilkan laba (non-provit investment).
Investasi yang timbul karena adanya peraturan pemerintahatau karena syarat-syarat kontrak yang telah disetujui, yang mewajibkan perusahaan untuk melaksanakannya tanpa mempertimbangkan laba atau rugi.
2. Investasi yang tidak dapat diukur labanya (non-measurable provit investment).
Investasi ini dimaksudkan untuk menaikan laba, namun dengan investasi ini laba yang diharapkan perusahaan sulit untuk dihitung secara teliti. Contoh : Pengeluaran biaya promosi, dalam jangka panjang, biaya penelitian dan pengembangan, dan biaya program pelatihan pendidikan karyawan.
3. Investasi dalam penggantian equipment (replacement investment).
Investasi yang meliputi pengeluaran untuk pengganian mesin dan ekuipmen yang ada.biasanya digunaan atas dasar pertimbangan adanya penghematan biaya atau kenaikan produktivitas dengan adanya penggantian biaya tersebut.
4. Investasi dalam perluasan usaha(expansion investment).
Merupakan pengeluaran untuk menambah kapasitas  produksi sehinnga operasi menjadi ebih besar dari sebelumnya.
INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN
Informasi akuntansi manajemen adalah suatu sistem yang berperan serta membantu akuntansi di dalam melaksanakan transformasi data menjadi informasi, yang mana informasi tersebut berguna sebagai bahan bagi manajemen untuk pengambilan keputusan.
Dalam pengambilan keputusan investasi, manajemen memerlukan informasi akuntansi manajemen berupa :
1.  Aktiva Penuh : berguna memberikan ukuran berapa jumlah dana yang akan ditanamkan dalam suatu proyek/kegiatan tertentu.
2.  Pendapatan Penuh & Biaya Penuh masa yang akan datang : berguna untuk memberikan ukuran tingkat kemampuan menghasilkan laba dari proyek/kegiatan yang akan dijalankan tersebut.
Dalam pengambilan keputusan investasiberupa penggantian aktiva tetap yang didasarkan pada pertimbangan penghematan biaya, manajeman memerlukan informasi akuntansi manajemen berupa :
1. Aktiva diferensial : berguna memberikan ukuran berapa jumlah dana yang akan ditanamkan dalam penggantian aktiva tetap tertentu.
2.  Biaya diferensial : memberikan ukuran penghematan biaya yang diperoleh dengan adanya penggantian aktiva tetap yang direncanakan tersebut .
Dalam pengambilan keputusanpenggantian aktiva tetap yang didasarkan pada pertimbangan kenaikan produktivitas, manajeman memerlukan informasi akuntansi manajemen berupa :
1. Aktiva diferensial : berguna memberikan ukuran berapa jumlah dana yang akan ditanamkan dalam penggantian aktiva tetap tertentu.
2. Pendapatan diferensial & Biaya diferensial : memberikan ukurankenaikan produktivitas yang diperoleh dengan adanya penggantian aktiva tetap yang direncanakan tersebut .
Dalam pertimbangan penggantian mesin tersebut, produktivitas mesin baru lebih tinggi diabanding dengan mesin lama, oleh karena itu disamping mempertimbangkan biaya diferensial tunai (penghematan biaya tunai) manajemen puncak perlu memperhitungkan pendapatan diferensial (tambahan pendapatan karena bertambahnya produktivitas) dalam keputusannya
Pajak Penghasilan & keputusan investasi
Pajak Penghasilan (pajak atas laba) merupakan unsur informasi penting yang ikut dipertimbangkan dalam perhitungan arus kas dalam pengambilan keputusan investasi.
Jika usulan investasi tersebut  akan mengakibatkan penghematan biaya atau tambahan pendapatan disisi lain akan menimbulkan laba diferensial yang menyebabkan tambahan pajak penghasilan yang akan dibayar oleh perusahaan. Oleh karenanya dalam perhitungan kas keluar dari investasi perlu diperhitungkan tambahan atau pengurangan pajak yang harus dibayar akibat tambahan pendapatan tersebut.
Jika usulan investasi akan mengakibatkan kerugian (biaya diferensial>pendapatan diferensial), maka dampak pajak penghasilan akibat kerugian tersebut harus diperhitungkan dalam taksiran arus kas masuk dari investasi.
Kriteria Penilaian untuk menilai perlu tidaknya suatu investasi dibagi menjadi 4 metode, yaitu:
Pay-back method
Rumus pay-back (dalam tahun) dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
a. Rumus perhitungan pay-back period yang belum memperhitungkan pajak penghasilan.
b. Rumus perhitungan pay-back period yang memperhitungkan pajak penghasilan.
Rata-rata kembalian Investasi (Average return on investment atau unajusted return on investment)
Present value (menghitung nilai tunai dimasa yang akan datang)
NT= AK
NT = nilai tunai      AK = arus kas      i = tarif kembalian investasi            n = jangka waktu
Discounted cash flows
Pada dasarnya discounted cash flows method sama dengan present value method karena kedua-duanya memperhitungkan nilai waktu uang di masa yang akan datang. Perbedaanya adalah dalam present value method tarif kembalian (rate of return ) sudah ditentukan lebih dahulu sebagai terif kembalian, sedangkan dalam discounted cash flows method justru tarif kembalian ini dihitung sebagai dasar untuk menerima atau menolak suatu usulan investasi.
Penentuan tarif kembalian tersebut di lakukan dengan metode coba-coba (triel and error), yaitu dengan cara ;
a. mencari nilai  tunai arus kas masuk bersih pada tarif kembalian yang dipilih cara sembarang di atas atau di bawah di bawah tarif kembalian investasi yang harapkan.
b. menginterpolasikan kedua tarif kembaliantersebut untuk mendapatkan tarif kembalian sesungguhnya
Biaya Modal ( Cost Of Capital )
v  Ada 2 pengertian Biaya Modal yaitu :
Biaya modal khusus (specific cost of capital)
Yaitu: biaya yang di hubungkan dengan sumber perbelanjaan tertentu pada saat tertentu
Biaya Modal Rata-rata ( average cost of capital)
Yaitu: rata-rata tertibang berbagai biaya modal khusus pada saat tertentu
Secara  garis besar berbagai keputusan yang dilakukan oleh manajemen puncak dalam penyusunan anggaran investasi dapat  dibagi menjadi dua tipe keputusan pokok :
Keputusan Pembelanjaan ( financing decision )Yaitu keputusan yang menyangkut  pemilihan sumber pembelanjaan.
Keputusan investasi ( Investment decision) yaitu keputusan yang menyangkut penggunaan modal yang tersedia.
Ada mata rantai yang menghubungkan keputusan pembelanjaan dengan keputusan investasi Sumber dari mana modal yang akan ditanamkandi peroleh akan menentukan besarnya biaya modal (cost of capital) dan biaya modal ini yang digunakan sebagai dasr untuk memilih rencana investasi yang dilakukan.
BIAYA MODAL PINJAMAN (cost of debt)
Biaya modal pinjaman dihitung dengan cara menentukan tarif buga efektif  setelah pajak . karena bunga modal pinjaman yang dikeluarkan perusahan dapat dikurangkan dari penghasilan untuk penentuan laba kena pajak, maka pembayaran bunga modal pinjaman akan menimbulkan penghematan pajak (tax saving)
BIAYA MODAL SAHAM ISTIMEWA (cost of preferred stock)
Secara legal, saham isimewa menunjukan hak pemikiran atas perusahaan. Secara ekonomis, saham istimewa lebih mirip dengan utang jangka panjang dibandingkan dengan saham biasa. Saham istimewa mengharuskan perusahaan membayar dividen dalam jumlah tetap, tanpa melihat apakah perusahaan mengalamai kerugian atau mengalami keuntungan, dan dividen tersebut dibayar lebih dahulu sebelum dividen dibagikan kepada pemegang sahambiasa.
BIAYA MODAL SAHAM BIASA (cost of common equity)
Jumlah dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham biasa adalah tidak tetap, tergantung besar kecilnya laba yang di peroleh  perusahaan dan juga tergantung tersedianya kas.
PENGANBILAN KEPUTUSAN INVESTASI DALAM LINGKUNGAN MANUFAKTUR MAJU
Ò  Dalam lingkungan manufaktur maju, pengambilan keputusan investasi biasanya  bersangkutan dengan penggantian mesin dan ekuipmen lama dengan mesin dan ekuipmen yang dikendalikan dengan komputer .
Ò  Kecermatan informasi akutansi manajemen dibutuhkan oleh manajeman dalam lingkungan manufaktur maju dalam :
1.             Penentuan besarnya investasi
2.            Penaksiran besarnya arus kas masuk selama umur investasi
3.            Penentuan besarnya nilai residu
4.            Penentuan besarnya discount rate.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Bisnis _ Bisnis dan semua yg aspek - aspek nya_Akuntansi-Semester 1-Materi 1

Perilaku Keorganisasian_ Sikap dan kepuasan kerja